Anime sure has gained widespread recognition, right?  Baru-baru ini, saya mendapatkan kabar baik di sebuah forum diskusi MyAnimeList bahwa serial anime yang tayang musim Winter 2018 kemarin, yaitu Sora yori mo Tooi Basho, atau dalam bahasa Inggris A Place Further Than the Universe, atau singkatnya Yorimoi, menjadi salah satu dari sekian banyak pilihan redaksi The New York Times untuk “The Best TV Shows of 2018.” Untuk lebih lengkapnya, silakan cek di tautan berikut: https://www.nytimes.com/2018/12/03/arts/television/the-best-tv-shows.html

Redaksi yang terlibat menyatakan bahwa meskipun serial ini terlihat hanya untuk penonton dengan rentang umur tertentu, tetapi Yorimoi bisa menyampaikan makna cerita yang berpusat tentang kegalauan masa remaja serta rasa pertemanan kepada khalayak di usia dan budaya yang beragam.

Pastinya ini adalah hal yang membuat saya cukup terkejut dan bangga. Saya tidak menyangka media sebesar The New York Times memberikan perhatian yang signifikan terhadap serial favorit saya di tahun 2018 ini; apalagi hanya sekedar untuk melirik anime, medium yang kiranya masih tidak se-mainstream Hollywood, Bollywood bahkan K-Drama. Yorimoi bahkan bisa bersaing dan menyisihkan serial-serial internasional di negara yang berbeda, meliputi Spanyol, China, Korea, Meksiko, Prancis dan Inggris.

Saya juga akui memang bahwa Yorimoi bukanlah serial yang biasa kamu temukan di setiap musim tayang anime. Walaupun pada awalnya terlihat seperti anime moe atau slice-of-life pada umumnya, tetapi kamu akan menggali tema yang lebih dalam serta pengembangan karakter yang amazing saat mencapai pertengahan hingga episode terakhir. Untuk ulasan lebih lengkapnya tentang Yorimoi sudah saya jabarkan di sini.

You deserved it, girls!

So, what’s your opinion about the news? Apakah anime sudah berkembang pesat dan mampu bersaing di kancah internasional?

(Disclaimer: I do not own any images above)

Advertisements